Akhlaq Datu Kalampayan Martapura, Tak Malu Berguru Kepada Yang Lebih Muda | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 26 Mei 2022

Akhlaq Datu Kalampayan Martapura, Tak Malu Berguru Kepada Yang Lebih Muda

 


Datu Kalampayan (Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari) memiliki banyak guru selama belajar di Makkah dan Madinah. Salah satunya adalah Syekh Muhammad bin Abdul Karim As Samman Al Madani dalam bidang tasawuf. Tak tanggung tanggung, Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari mendapat kedudukan "Khalifah" untuk tarekat Sammaniyah yang diajarkan oleh Syekh Muhammad bin Abdul Karim As Samman Al Madani.

Walaupun beliau adalah guru dari Datu Kalampayan, ternyata Syekh Muhammad bin Abdul Karim As Samman Al Madani berumur lebih muda dari Datu Kalampayan. Datu Kalampayan adalah murid senior di Makkah ketika belajar dengan Syekh Sulaiman Al Kurdi.

Namun, Datu Kalampayan tidak mau menyia nyiakan kesempatan bagus tersebut. Beliau tetap belajar tarekat Sammaniyah kepada Syekh Muhammad bin Abdul Kadir As Samman Al Madani, walau beliau harus berguru kepada yang lebih muda.

Datu Kalampayan pun belajar tarekat Sammaniyah dan beliau pun sampai sekarang menjadi masyhur dengan tarekat Sammaniyah nya. Walaupun sebenarnya beliau sudah banyak memiliki ijazah tarekat lain, namun beliau lebih masyhur dengan Tarekat Sammaniyah.

Syekh Muhammad bin Abdul Karim As Samman Al Madani adalah salah satu guru Datu Kalampayan yang sangat masyhur keseluruh dunia. Kenapa beliau sangat masyhur? Karena Syekh Samman menjaga pintu makam nabi Muhammad SAW. Maka orang seluruh dunia yang ziarah ke Makam Rosulallah tahu dengan beliau dan masyhurlah tarekat Sammaniyah

Sumber : https://youtu.be/KSwaXz_FKTE

 

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner